Selain begonia dan monstera, philodendron menjadi tanaman hias yang sedang hits sekarang ini. Banyak sekali jenis tanaman philodendron yang terdiri dari beraneka macam ukuran, bentuk, dan warna yang indah.

Philodendron sendiri termasuk dalam kategori tanaman hias dari suku Araceae. Biasanya tumbuh dengan subur di wilayah tropis seperti indonesia. Karakteristik utama yaitu memiliki daun hijau yang memiliki bentuk hati dan mengkilap.

Nah, jika ingin menggunakannya sebagai tanaman hias tentu penting sekali untuk mengetahui jenis-jenisnya. Namun, bagi yang masih pemula tentu tidak paham dan bingung memilih jenis yang sesuai untuk ditanam.

Sebagai solusi yang tepat, kali ini akan dijelaskan mengenai berbagai macam tanaman philodendron terbaik. Yuk, langsung saja mari disimak pada pembahasan di bawah ini.

Baca juga:

14 Jenis Tanaman Philodendron

Termasuk tanaman merambat dengan nilai estetika tinggi, philodendron sangat sayang jika dilewatkan sebagai tanaman hias. Kehadiran tanaman hias ini akan memberikan sentuhan hijau yang menyejukkan dalam ruangan. 

Bahkan banyak penghobi yang menjadikannya sebagai tanaman rambat dan gantung yang sangat indah untuk dipandang. Jenisnya sendiri memang cukup banyak, dimana masing-masing jenis memiliki perbedaan terutama dari segi bentuk dan warna daun.

1. Philodendron Selloum

Philodendron Selloum

Tak banyak yang tahu kalau jenis tanaman philodendron ini mempunyai sebutan lain yang unik, yaitu philodendron jari. Istilah tersebut bukan tanpa alasan, mengingat bentuk daunnya mirip seperti jari-jari manusia.

Dedaunan yang terkesan berbeda ini membuatnya kerap dijadikan sebagai dekorasi untuk acara pelaminan. Untuk perawatannya sendiri cukup simpel untuk dilakukan karena tinggal disiram secara rutin.

2. Philodendron Epipremnum Aureum

Philodendron Epipremnum Aureum

Jenis philodendron ini juga biasa disebut sebagai tanaman sirih-sirihan atau sirih kuning gantung. Hal ini karena memang proses pertumbuhannya yang menjuntai seperti menggantung.

Ciri khas yang membedakan dengan jenis philodendron lainnya ada pada daun. Bagian ujung daun tanaman memiliki warna cerah, sementara daun yang dekat dengan akar tanaman berwarna hijau.

Tanaman rambat ini tentu akan lebih cocok jika dijadikan sebagai tanaman gantung di teras atau untuk menghiasi ruangan.

3. Philodendron Imperial Red Cardinal

Philodendron Imperial Red Cardinal

Imperial red cardinal pernah menduduki posisi sebagai jenis tanaman philodendron termahal pada tahun 2007 lalu. Kini memang sudah tidak sepopuler dulu, meski begitu tanaman ini hampir tak pernah sepi dari peminatnya.

Bahkan, masih banyak diburu oleh kolektor karena warna daunnya yang langka berwarna hijau sedikit kemerahan. Daya tahannya juga cukup tinggi baik itu dalam suhu panas seperti cahaya matahari ataupun ruangan dingin.

4. Philodendron Congo Rojo

Philodendron Congo Rojo

Congo rojo merupakan kultivar philodendron yang masih tergolong sangat baru. Daunnya memiliki warna hijau gelap, mengkilap, dan lebih lebar. Namun pada bagian batangnya nampak lurus dengan ukuran yang sangat tebal.

Tanaman hias ini mudah untuk beradaptasi dari berbagai macam cuaca, terkecuali suhu udara yang terlampau dingin.

5. Philodendron Prince of Orange

Philodendron Prince of Orange

Philodendron prince of orange atau moonlight menjadi kasta paling tinggi dalam spesies philodendron. Alasannya karena tanaman ini mempunyai keunggulan yang tidak akan pernah dijumpai pada jenis lain.

Keunggulan tersebut yaitu dapat memanipulasi atau mengubah warna. Ketika masih muda mungkin daunnya berwarna yellow brown, namun setelah cukup dewasa daun tersebut akan mengalami perubahan warna menjadi hijau.

6. Philodendron Hederaceum

Philodendron Hederaceum

Jenis tanaman philodendron yang satu ini sangat mudah untuk beradaptasi terhadap lingkungan. Selain itu, perawatannya juga tidak butuh perlakuan khusus sehingga cocok sekali bagi pemula.

Philodendron hederaceum mempunyai karakteristik unik berupa daun yang memiliki bentuk hati dan tumbuh menyulur. Tanaman ini dapat tumbuh tinggi sekitar 10 sampai dengan 15 cm dalam ruangan atau indoor.

7. Philodendron Scandens Medio Pictum

Philodendron Scandens Medio Pictum

Philodendron ini lebih dikenal dengan sirih Belanda yang akan lebih cocok sebagai tanaman hias gantung. Selain sirih Belanda, tanaman ini di luar negeri juga memiliki nama lain yaitu flame leaved heart plant.

Sekilas mungkin tampilannya tidak berbeda jauh dengan jenis epipremnum aureum, namun keduanya mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan yang menonjol bisa dilihat dengan mudah pada bagian garis dan warna pada daun.

8. Philodendron Crocodile

Philodendron Crocodile

Sesuai namanya, tanaman philodendron ini mempunyai bentuk daun yang mirip seperti ekor buaya. Sama halnya dengan jenis tanaman philodendron lainnya, perawatan untuk philodendron crocodile juga cukup sederhana.

Tanaman ini cukup dilakukan penyiraman minimal 2 kali dalam satu hari. Selain itu, penting juga untuk mengganti media tanah secara rutin.

9. Philodendron Domesticum

Philodendron Domesticum

Berikutnya adalah philodendron domesticum atau yang memiliki nama lain silversword dan spade leaf. Pada jenis ini mempunyai warna kelabu sedikit kebiruan ketika masih muda.

Jika usia sudah semakin bertambah, warna tersebut secara perlahan akan mengalami perubahan menjadi hijau kelabu. Bagian daunnya harus dipotong secara berkala supaya tumbuh daun baru dalam kondisi sehat.

10. Jenis Tanaman Philodendron Baumfreund

Philodendron Baumfreund

Jenis tanaman philodendron baumfreund termasuk dalam rumpuh siri yang memiliki daun berukuran kecil dan batang merambat. Baumfreund juga akan lebih cocok jika ditanam pada pot gantung supaya tampak lebih indah.

Meski begitu, tak jadi masalah jika ditanam dalam pot biasa yang kemudian disimpan dalam ruangan rumah atau kantor.

11. Philodendron Caramel Marble Variegata

Philodendron Caramel Marble Variegata

Nuansa daun berwarna merah, hijau dan kuning membuat tanaman philodendron ini begitu menarik. Apalagi bentuk daunnya juga bergerigi sehingga hal ini akan menambah keunikan yang tersendiri.

Saat tumbuh dewasa, tanaman ini bisa mencapai ukuran sekitar 25 cm hingga 35 cm. Tanaman ini harus disimpan pada lokasi yang semi teduh. Kelembaban yang dibutuhkan antara 65 sampai dengan 85 persen.

12. Philodendron Patriciae

Philodendron Patriciae

Ukuran daun pada tanaman philodendron ini sangat panjang dan lebih besar seperti halnya dayung yang menggantung. Daun tersebut nampak bercahaya dan memiliki motif sedikit bergelombang.

Usia tanaman hias yang satu ini bisa dibilang cukup lama karena mampu bertahan sampai 3 tahun lebih. Cara merawatnya juga simpel, tapi sangat sensitif saat dipindahkan sehingga harus berhati-hati.

Dibutuhkan juga penyiraman yang dilakukan dengan sering, tapi jika dalam suhu tinggi akan membuat bagian daunnya nampak memutih.

13. Philodendron Brandtianum

Philodendron Brandtianum

Daun pada tanaman philodendron brandtianum terlihat cantik seperti motif dari sebuah lantai keramik. Bagian daun tersebut memiliki warna kelabu keperakan dan banyak garis berwarna hijau yang menghiasi bagian permukaan.

Keberadaannya sangat toleran terhadap area dengan kondisi pencahayaan yang sangat minim. Selain itu, tanaman ini juga memiliki manfaat untuk menyerap racun yang berasal dari udara pada ruangan tertutup. Dengan begitu, akan lebih sesuai jika dijadikan sebagai tanaman hias untuk indoor.

14. Jenis Tanaman Philodendron White Knight

Philodendron White Knight

Philodendron white knight merupakan jenis yang paling berharga karena sudah sangat sulit untuk ditemukan. Proses pertumbuhannya juga sangat lamban dan butuh waktu yang cukup lama.

Namun, hal tersebut sebenarnya bukan menjadi masalah besar karena sepadan dengan apa yang ditawarkan. Tanaman ini mempunyai batang berwarna ungu sedikit kecokelatan, sedangkan bagian daunnya berwarna krem ditambah dengan bercak putih.

Kesimpulan

Philodendron merupakan tanaman hias populer yang memiliki bentuk seperti jari-jari manusia. Tanaman hias yang satu ini banyak digemari lantaran memiliki daun yang nampak menarik, dimana terdiri dari berbagai macam bentuk dan warna.

Jenis tanaman philodendron sangat banyak dan bisa dipilih untuk melengkapi dekorasi rumah yang menawan. Bahkan, cara merawatnya juga sangat mudah sehingga cocok ditanam bagi para pemula.  Bisa ditanam di dalam pot sebagai tanaman gantung atau sekedar tanaman hias biasa dalam ruangan.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.