Cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat– Tomat adalah tumbuhan dari keluarga Solanaceae,yang mana tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan. Tomat juga merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki siklus hidup singkat, namun tanaman ini dapat tumbuh sampai setinggi 1 hingga 3 meter.

Jika kebanyakan orang menghasilkan tanaman tomat yang  tumbuh dengan subur di kebun. Tapi untuk kali ini, Anda juga bisa menghasilkan tanaman tomat yang tumbuh subur di area sekitar rumah dengan menggunakan media tanam polybag. Teknik penanaman tomat menggunakan polybag bisa menjadi solusi jika ingin menanam tanaman yang satu ini di rumah Anda.

Walaupun tidak langsung di tanam ke area tanah yang luas, ternyata tomat juga bisa berbuah lebat di media tanam polybag asalkan mendapatkan perawatan yang baik dan tepat. Lalu bagaimana cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat? Penasaran, yuk cari tahu jawabannya pada pembahasan berikut ini.

6 Cara Menanam Tomat Di Polybag Agar Berbuah Lebat

Cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat nyatanya tidak jauh berbeda dengan cara penanaman tomat di kebun yang luas. Lantas, bagaimana cara menanam tomat di polibag? Simaklah pembahasan di bawah ini!

Pemilihan Bibit Tanaman

Langkah pertama dalam tata cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat adalah dengan menyiapkan benihnya terlebih dahulu. Pilihlah juga varietas tomat mana yang akan Anda tanam, pastikan varietas tomat yang di pilih sesuai dengan lokasi tempat budidaya.

Jika Anda menginginkan hasil buah yang maksimal, pilihlah benih tomat yang unggul. Anda bisa mendapatkan bibit tomat  ini di toko-toko pertanian terdekat di daerah tempat tingga Anda. Selain itu Anda juga bisa membuat benih tomat Anda sendiri dengan memanfaatkan buah tomat yang biasa Anda gunakan untuk memasak.

Jika Anda menggunakan teknik yang ini, Pastikan untuk memilih buah tomat yang telah masak dengan sempurna. Pilihlah juga buah tomat yang tidak ada cacat fisik atau juga luka luar. Ambillah  biji tomat yang berukuran besar dan tidak terapung saat direndam.

Penyemaian Benih Tomat

Cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat yang selanjutnya adalah melakukan  tahap persemaian pada benih yang sudah di siapkan sebelumnya. Untuk tahap penyemaian ini, Anda perlu menyiapkan  tempat dan media persemaian terlebih dahulu. Pilih lah tempat  semai yang pasti terlindung dari hujan dan sinar matahari.

Anda bisa menggunakan media persemaian yang berupa apa saja, baik itu pot kecil ataupun wadah lainnya. Untuk persemaian yang menggunakan pot, terlebih dahulu pot harus di isi dengan media persemaian yang berupa tanah. Kemudian letakkan benih tomat kedalam media semai tersebut.

Kemudian, tutup permukaan media semai dan siram dengan air  secukupnya. Setiap pot sebaiknya cukup diisi dengan satu benih tomat saja. Setelah benih selesai di semaikan, lakukan penyiraman setiap 2 kali sehari.  Bibit tanaman tomat siap dalam media semai bisa di pindahkan dari tempat persemaian ke dalam polybag setelah 30 hari atau ketika tomat sudah memiliki setidaknya 5 helai daun.

Pemindahan Bibit Tomat

Sebelum bibit tomat di pindahkan, siapkan terlebih dahulu media tanam dan polybag yang akan di gunakan. Kemudian polybag bisa diisi dengan tanah yang di campur arang sekam, dan juga pupuk organik. Terdapat dua cara dalam memindahkan benih tomat dari tempat persemaian ke dalam media tanam polybag.

Pertama,  bibit bisa di pindahkan dengan dicabut. Caranya adalah dengan menyiram terlebih dahulu media semai dengan air agar lunak. Setelah itu, cabut  bibit dengan hati-hati dan masukkan bibit tomat tersebut pada lubang tanam yang sudah di buat di dalam polybag.

Posisi akar harus lah tegak lurus, jadi jangan sampai akar bengkok atau terlipat.  Cara kedua untuk  memindahkan bibit tomat  dari media semai dengan diputar. Caranya adalah dengan mengangkat bibit tomat bersama dengan tanah  yang ada disekitarnya. Kemudian angkat dan pindahkan bibit tomat berikut dengan tanahnya ke polybag yang sudah di siapkan.

Perawatan Dan Pemeliharaan Tanaman Tomat

Tanaman tomat harus di rawat agar menghasilkan buah tomat yang berkualitas tinggi. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang harus di berikan pada tanaman tomat,

· Penyiraman

Cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat yang selanjutnya adalah dengan melakukan penyiraman. Walaupun tomat yang di tanam di dalam polybag lebih terjamin kesehatannya.

Tanaman tomat ini juga dapat mencegah penyakit atau hama yang menyerang melalui akarnya. Namun, agar tanaman tomat Anda tetap sehat, sirami lah dua kali sehari dengan menggunakan air bersih.

Jangan terlalu banyak saat menyiram tanaman tomat ini. Karena saat air di berikan melebihi jumlah yang di butuhkan, tanaman tomat akan lebih mudah layu dan mati.

· Penyiangan

Sangat penting untuk melakukan penyiangan secara teratur. Jika  Anda menemukan tanaman tomat layu atau mati. Sebaiknya segera buang tanaman itu dan buang media tanam tersebut agar tidak menyebar ke tanaman tomat yang lain. Pastikan juga agar tidak ada gulma atau tanaman pengganggu lain yan bisa mengganggu pertumbuhan tanaman tomat.

· Pemangkasan Pucuk dan Pemasangan Ajir

Dalam menanam tomat, Anda perlu untuk memangkas pucuk yang mulai tumbuh pada tanaman tomat agar tanaman tomat Anda tidak tumbu terlalu tinggi. Sediakan juga ajir untuk menopang tanaman tomat yang sudah mulai tumbuh besar. Hal ini di maksudkan agar tanaman tomat Anda  tidak mudah tumbang.

· Pemupukan

Pemupukan tanaman tomat bisa Anda lakukan pada saat tanaman tomat berumur sekitar satu minggu. Untuk dosis pupuk yang harus di berikan cukup untuk satu tangan orang dewasa dalam setiap polybag. Pemupukan tomat bisa Anda lakukan setiap bulan.

· Pengendalian Hama Dan Penyakit

Jika tanaman tomat yang Anda tanam terinfeksi hama, Anda dapat mengambilnya secara manual menggunakan sarung tangan jika hama yang menyerang masihlah bisa dihitung dengan jari. Buanglah juga daun dan batang tomat yang sudah terinfeksi untuk mencegah hama menyebar ke tanaman tomat yang lain.

Setelah itu, Anda bisa menyemprot tanaman tomat Anda dengan pestisida organik alami untuk mengendalikan serangan hama tersebut.

Proses Pemanenan

Cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat yang terakhir adalah proses panen. Usia yang baik untuk proses panen ini adalah saat tomat sudah berumur tiga bulan. Untuk kriteria buah tomat yang siap untuk di panen adalah dengan mengamati perubahan warna buanya yang semula hijau menjadi kuning.

Hal ini juga terlihat dari bagian tepi daun tomat yang sudah mulai  mengering dan batang nya yang juga mulai menguning. Dalam proses pemanenan ini ingatlah untuk memilih buah tomat yang matang saja.

Karena, pada umumnya proses pematangan tomat tidak terjadi secara bersamaan dalam satu pohonnya. Jadi, panen bisa dilakukan setiap 3 hari sekali. Waktu terbaik untuk memanen tomat Anda adalah pada pagi hari atau sore hari saat matahari tidak terlampau terik.

Demikian pembahasan mengenai cara menanam tomat di polybag agar berbuah lebat, semoga bermanfaat untuk Anda.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.