Agar dapat meningkatkan hasil panen dari buah jeruk, apa yang menjadi kuncinya? Salah satu kunci melimpahnya buah adalah menerapkan cara pemupukan tanaman jeruk yang dilakukan dengan benar. Seperti yang Sahabat ketahui, ada berbagai macam jenis jeruk di pasaran.

Dengan banyaknya jenis jeruk inilah, Sahabat membutuhkan informasi penting yang berkaitan dengan pemberian pupuk dengan tepat sehingga kualitas buah dapat maksimal. Bahkan, pemupukan pupuk dasar, berbeda dengan pemupukan jeruk saat masa perawatan.

Pemupukan tanaman jeruk harus disesuaikan dengan umur tanaman, hingga kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Sayangnya, tidak banyak orang yang memperhatikan teknik pemupukan ini.

Nah, bagaimana cara pemupukan jeruk yang tepat? Berikut informasi lengkap yang bisa Sahabat simak.

Baca juga:

Cara Pemupukan Tanaman Jeruk Sesuai dengan Waktunya

Cara Pemupukan Tanaman Jeruk Sesuai dengan Waktunya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, pemupukan harus dilakukan dengan maksimal agar buah jeruk dapat tumbuh subur. Berikut cara untuk melakukan pemupukan tanaman jeruk, antara lain:

1. Sebelum Masa Tanam

Pemupukan dasar sebenarnya menjadi awal pemupukan untuk menentukan tingkat kesuburan lahan tanaman. Oleh sebab itu, agar dapat memenuhi kebutuhan pemupukan, diperlukan sejumlah formulasi serta kombinasi yang tepat.

Sebelum masa tanam berlangsung, Sahabat dapat mengkombinasikan GDM Granule SAME serta blac bos. Kedua pupuk ini nantinya dapat mengoptimalkan pertumbuhan pupuk. Sahabat dapat menyebarkan dengan merata pupuk ini di sekitar lubang.

Dosis yang digunakan dapat mencapai 100 kg per hektar. Kemudian, larutkan pupuk black bos ke dalam tangki semprot da nisi dengan air. Aduk sampai tercampur rata. Semprotkan pupuk ini di semua permukaan media tanam.

2. Proses Perawatan

Untuk pemupukan ketika berada dalam proses perawatan, pemupukan ini memiliki tujuan agar kualitas buah menjadi semakin meningkat. Terutama dari segi rasa hingga berat buah.

Pemupukan ketika proses perawatan ini juga akan mempengaruhi kualitas harga jual. Umumnya, petani menggunakan ZPT agar dapat meningkatkan hasil panen dari jeruk. ZPT mempunyai fungsi untuk menumbuhkan akar sehingga jauh lebih banyak.

Selain itu, jenis pupuk ini juga dapat mendorong pertumbuhan jenis jeruk siam, serta mengaktifkan unsur hara, dan meningkatkan keluarnya kuncup pada tanaman. Bahkan, pupuk ini dapat memperbaiki kualitas hasil panen.

Namun, pemberian pupuk ZPT saja tidak cukup, karena pemupukan yang sesuai juga harus dilengkapi dengan unsur hara makro.

Kandungan Nutrisi yang Dibutuhkan Dalam Pupuk Jeruk

Kandungan Nutrisi yang Dibutuhkan Dalam Pupuk Jeruk

Bukan hanya harus memperhatikan cara pemupukan tanaman jeruk, tetapi Sahabat juga harus memperhatikan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. minimal terdapat 12 unsur penting yang diperlukan pupuk jeruk.

Kandungan nutrisi tersebut diperlukan agar tanaman jeruk bisa tumbuh dengan lebat serta berbuah dalam jumlah banyak. Berikut sejumlah unsur yang diperlukan, antara lain:

  1. Unsur hara primer. Unsur hara menjadi unsur yang pertama dibutuhkan. Unsur ini dibutuhkan dengan jumlah yang banyak. Unsur ini seperti nitrogen, fosfor, serta kaium.
  2. Selain unsur hara primer, ada pula unsur hara sekunder. Unsur hara ini diperlukan dalam jumlah banyak, tetapi hanya dalam kurun waktu tertentu saja. unsur hara yang dibutuhkan seperti kalsium, magnesium, serta belerang.
  3. Unsur hara mikro. Unsur hara terakhir adalah unsur hara mikro. Unsur hara mikro ini tetap diperlukan oleh tanaman, tetapi meskipun diberikan dalam jumlah sedikit, unsur hara tersebut tidak terlalu mempengaruhi produksi. Unsur ini seperti mangan, seng, dan tembaga.

Dosis Pemupukan Tanaman Jeruk

Dosis Pemupukan Tanaman Jeruk

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bukan hanya cara pemupukan tanaman jeruk saja yang harus diperhatikan. Tetapi dosis pemupukan juga harus Sahabat ketahui.

1. Ketika Masa Tanam

Pupuk dasar jeruk sebelum dan sesudah masa perawatan, pemupukan membutuhkan unsur N yang jauh lebih banyak. Hal tersebut dibutuhkan agar nantinya perkembangan vegetatif yang dimilikinya dapat berjalan dengan baik.

2. Masa Perawatan

Sedangkan, ketika masa perawatan, umumnya tanaman jeruk berumur 3 tahun. Di masa ini, porsi nutrisi yang paling utama sebenarnya adalah P dan K. dosis ini harus ditingkatkan agar bisa meningkatkan organ generatif pada tanaman jeruk.

Walaupun ketika tanaman jeruk masih mudah memerlukan dosis yang jauh lebih rendah, tetapi untuk aplikasinya harus dilakukan dengan lebih sering, karena jangkauan dari akar tanaman agar bisa menyerap pupuk, masih sangat terbatas.

Ketika jeruk berumur lebih dari 4 tahun, pupuk bisa diberikan 2 kali dalam waktu satu tahun, yaitu setelah panen serta 4 bulan setelah pemupukan pertama dilakukan.

Manfaat Pemupukan Tanaman Jeruk

Manfaat Pemupukan Tanaman Jeruk

Pemupukan dilakukan agar dapat merangsang buah jeruk sehingga berbuah dengan lebat. Utamanya pada pupuk dasar yang memiliki kandungan bakteri tertentu. Kandungan bakteri ini berguna untuk menguraikan bahan organik di dalam tanah sehingga bisa mengurangi penggunaan pupuk kimia.

Pemupukan juga dilakukan agar hanya tidak menggemburkan serta menyuburkan tanah, tetapi juga mencegah berbagai penularan penyakit seperti pembusukan akar, pembusukan batang, bercak daun, tanaman layu, dan lainnya.

Kesimpulan

Cara pemupukan tanaman jeruk dilakukan mulai dari dasar, atau persiapan penanaman hingga ketika tanaman tersebut sudah tumbuh. Selain itu kandungan pupuk juga disesuaikan dengan umur tanaman agar kebutuhan tanaman benar-benar terpenuhi secara maksimal.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.