Sahabat bisa membuat halaman atau lingkungan rumah terasa nyaman dengan hal lain selain desain dan perabot rumah, yaitu dengan Pohon Peneduh. Pepohonan yang sahabat miliki di halaman akan menghasilkan oksigen dan memberikan hawa sejuk. Pepohonan peneduh yang Anda tanam di pekarangan, dapat menurunkan suhu lingkungan.

Sahabat dapat memanfaatkan hal ini untuk melawan heat wave atau gelombang panas yang disebabkan oleh sengatan matahari bersuhu tinggi seperti sekarang ini. Sahabat уаng tіnggаl di area yang dikelilingi Pohon Peneduh lebih bаnуаk mеmіlіkі tіngkаt kеmаtіаn nоn-kесеlаkааn (ѕереrtі kаnkеr dаn mаѕаlаh pernapasan) уаng lеbіh rеndаh. Simak artikel kаmі dіbаwаh ini untuk lеbіh jеlаѕnуа.

Mengenal Pohon Peneduh yang Bisa Ditanam di Rumah

Terdapat salah satu sumber yang mengutip bahwa tanaman pelindung atau Pohon Peneduh adalah tanaman yang kebanyakan orang tanam dengan tujuan melindungi orang atau benda yang ada di bawah atau di sekitarnya dari panas terik matahari dan curahan air hujan. Kegunaan suatu tanaman sebenarnya menjadi dasar pengertian tersebut.

Maksudnya, seorang penanam memilih tanaman yang akan mereka tanam digunakan untuk pagar (tanaman pagar), penutup tanah (tanaman penutup tanah), atau melindungi dari sengatan terik matahari dan hujan (tanaman pelindung).

Tanaman pelindung ini umumnya berbentuk pohon dengan tajuk yang relatif rindang. Kebanyakan orang biasanya menanam tanaman ini di pinggir jalan, halaman parkit, taman-taman, halaman kantor, maupun di halaman rumah. Sahabat bisa mengetahui bebeapa jenis Pohon Peneduh pada pembahasan yang telah kami rangkum di bawah ini.

Beberapa Jeni Pohon Peneduh untuk Penyejuk Halaman Rumah Sahabat

Sahabat pasti ingin tinggal di rumah dengan lingkungan yang sejuk dan asri, bukan? Dilingkungan yang sejuk dan asri, sahabat akan merasa lebih nyaman jika pepohonan rindang dan teduh mengelilingi rumah sahabat. Lalu Pohon Peneduh apa saja yang cocok untuk di tanam halaman rumah? Mari kita ketahui beberapa jenis pepohonan peneduh yang bisa kita tanam di halaman rumah.

  • Pohon Mangga

Pohon mangga adalah salah satu jenis Pohon Peneduh yang pertama. Sahabat bisa menikmati buahnya yang manis dan enak dan juga memanfaatkan pohon ini sebagai penyejuk rumah. Daunnya yang rimbun juga bisa menghalau terik matahari. Pohon mangga yang ditanam dengan cara cangkok akan tumbuh tinggi 8 hingga 10 m. Tetapi, jika sahabat menanamnya secara biasa, pohon ini bisa tumbuh tinggi 40 m.

Tanaman pohon mangga cocok menjadi peneduh di halaman rumah karena bentuk fisiknya yang tinggi dan memiliki daun lebat. Sahabat bisa menanam pohon mangga di dataran rendah dengan ketinggian 0-500 m dpl agar buahnya lebih banyak dan bermutu. Buah mangga biasanya matang saat musim panas atau kemarau. Dari masa berbunga hingga matang, pohon mangga butuh waktu sekitar 5 bulan.

  • Pohon Kiara Payung

Pohon kiara payung adalah salah satu pohon yang sering kita lihat di sekitar kita. Pohon ini memiliki nama latin Filicium decipiens dan termasuk dalam suku lerak-lerakan (Sapindaceae). Jenis pohon ini berasal dari Asia tropis dan Afrika, tetapi sekarang sudah menyebar ke berbagai daerah, terutama daerah tropis. Pohon ini memiliki tajuk yang bulat atau semiglobular yang menyerupai payung.

Kiara payung bisa tumbuh hingga setinggi 25 m dengan cabang yang banyak dan rendah. Daunnya berbentuk menyirip dengan tangkai daun yang bersayap. Daunnya berwarna hijau pekat dan mengkilap, serta berukuran besar, bisa mencapai panjang 30 cm dan lebar 15 cm. Pohon ini banyak dimanfaatkan sebagai Pohon Peneduh, peredam kebisingan, pemecah angin dan pohon penyerap polusi.

  • Pohon Pucuk Merah

Pohon hias yang berasal dari keluarga Myrtaceae ini disebut pohon pucuk merah. Nama latinnya adalah Syzygium paniculatum, pohon ini tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Tajuknya yang lebar dan daunnya yang banyak memberikan keteduhan dan kesejukan di sekitar rumah. Daun pucuk merah berwarna merah muda ketika masih muda dan hijau tua ketika sudah tua.

Warna daunnya berubah menjadi merah saat musim kemarau yang memberikan kesan yang indah dan berwarna. Bunga kecil berwarna putih kekuningan dan buah bulat berwarna ungu kehitaman tumbuh dari pohon pucuk merah. Pohon pucuk merah memiliki banyak manfaat, seperti menyerap karbon dioksida, mencegah longsor, menyimpan cadangan air, pemecah angin dan penyerap polusi.

  • Pohon Cemara

Sahabat juga bisa memanfaatkan pohon cemara sebagai Pohon Peneduh rumah. Pohon ini sangat baik dalam mengalirkan suhu, sehingga cocok untuk lokasi yang kering. Sahabat tidak perlu memiliki lahan luas untuk menanam pohon cemara. Karena sahabat bisa menanamnya di rumah dengan halaman yang sempit sekalipun. Namun, sahabat harus hati-hati dalam memilihnya.

Jika sahabat ingin Pohon Peneduh rumah, sahabat bisa menanam cemara pua-pua. Jenis ini memiliki daun yang bagus seperti tanduk rusa. Daunnya tidak mudah rontok dan perawatannya mudah. Sahabat juga bisa menanam cemara lilin, yang bisa tumbuh tinggi 10 hingga 15 m. Bentuk atasnya mengerucut seperti pecut dan daunnya bergerombol. Pohon ini sering terlihat di jalan raya sebagai Pohon Peneduh.

  • Pohon Ketapang Kencana

Ketapang Kencana adalah Pohon Peneduh rumah berikutnya. Orang-orang kerap menanamnya di halaman rumah untuk mempercantik tampilan rumah. Pohon yang berasal dari Madagaskar ini memiliki ranting yang membentang dan bertingkat, sehingga sahabat dapat memanfaatkannya sebagai peneduh. Daunnya yang kecil bergerombol membentuk payung dapat melindungi tanaman yang ada di bawahnya.

Menanam pohon ini memberikan banyak manfaat. Pohon ketapang kencana menyerap polusi-polusi yang berasal dari jalanan atau lingkungan sekitar. Alhasil, suasana rumah menjadi sejuk dan udaranya pun segar. Namun, sebelum menanam pohon ini, sahabat perlu mempertimbangkan lokasi penanamannya. Sebab, ranting pohonnya сukuр memakan bаnуаk tеmраt.

  • Pohon Palm

Sahabat dapat dengan mudah menemukan pohon palem, apalagi kebanyakan orang sering menjadikannya sebagai pohon hias yang menarik. Selain menghiasi, pohon palem juga berfungsi sebagai Pohon Peneduh rumah minimalis. Pohon ini mampu mengalirkan sirkulasi udara ke dalam rumah dengan bentuknya yang tinggi menjulang. Selain itu, pohon palem juga menyerap polutan sangat baik.

Sangat cocok sekali untuk ditanam, terlebih jika rumah sahabat berada di pinggir jalan utama. Merawat pohon palem juga cukup mudah. Sahabat hanya perlu menempatkan pohon di tempat yang tersinari oleh matahari dengan baik. Alhasil, pohon аkаn tumbuh subur dаn jugа terlihat menawan. Beberapa jenis pohon palem yang bisa sahabat tanam seperti, palem merah, palem bambu dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi Pohon Peneduh yang bisa sahabat tanam di halaman rumah. Sahabat dan bumi akan mendapatkan manfaat dari satu pohon yang sahabat tanam, tidak hanya saat ini saja, tetapi juga di masa depan. Pohon mana yang sahabat pilih untuk ditanam di halaman.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses User Verification plugin to reduce spam. See how your comment data is processed.